• Beranda
  • >
  • Artikel Kesehatan
  • >
  • JENIS TERAPI CEREBRAL PALSY PADA ANAK

14 February 2024

JENIS TERAPI CEREBRAL PALSY PADA ANAK

Cerebral palsy sendiri merupakan kondisi di mana syaraf motorik pada anak mengalami gangguan. Hal ini disebabkan akibat kerusakan pada sistem syaraf otak yang terjadi baik sebelum, saat, maupun setelah anak dilahirkan.

RS Annisa//- Mungkin kita pernah mendengar kondisi cerebral palsy pada anak-anak yang tidak bisa disembuhkan namun ada berbagai macam terapi untuk Si Kecil.

Cerebral palsy sendiri merupakan kondisi di mana syaraf motorik pada anak mengalami gangguan. Hal ini disebabkan akibat kerusakan pada sistem syaraf otak yang terjadi baik sebelum, saat, maupun setelah anak dilahirkan.

 

"Cerebral palsy ini tidak bisa disembuhkan. Tetapi bisanya hanya kita optimalkan potensi yang bisa dia optimalkan. Kita menjaga supaya tidak terjadi gangguan motorik".

 

Pemerian nutrisi yang baik pada anak cerebral palsy sebagai salah satu terapi yang bisa dilakukan di rumah.

 

Terapi cerebral palsy

Tujuan dari terapi cerebral palsy adalah untuk meningkatkan kualitas hidup bagi Si Kecil, Berikut diantaranya:

 

1. Terapi fisik

Terapi fisik ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengoordinasikan anggota tubuh, membangun kekuatan, serta melatih kelenturan ototnya.

 

Terapi fisik yang dapat dilakukan misalnya dengan olahraga, pemanasan, hingga menggunakan peralatan khusus. Dan diharapkan anak bisa merespon dengan lebih baik walau disaat situasi panas, dingin, dan suara yang kencang.

 

2. Terapi okupasi

Terapi okupasi yaitu perawatan yang bertujuan untuk membatu orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan tertentu seperti cerebral palsy agar bisa melakukan hal-hal penting sendiri. Misalnya makan, mandi, berpakaian, membaca, berhitung, bersosialisasi, maupun melatih gerakan sendi.

 

Anak dengan cerebral palsy akan dilatih untuk melakukan kegiatan inti sehari-hari. Hal ini bertujuan agar si anak tidak bergantung dengan orang tua nya.

 

Pada terapi okupasi, anak dengan cerebral palsy akan dilatih untuk melakukan kegiatan inti sehari-hari seperti makan, minum, mandi, berpakaian. Tujuannya untuk mengurangi ketergantungan anak terhadap pengasuh atau orang tuanya dan meningkatkan kemandirian.

 

3. Terapi wicara

Terapi wicara bertujuan agar anak dengan cerebral palsy dapat mengembangkan kemampuan komunikasinya.

 

4. Terapi hidro

Terapi hidro merupakan jenis terapi yang juga bisa dilakukan untuk anak dengan kondisi cerebral palsy. Dengan terapi hidro, anak akan melatih kekuatan otot dan membantu tubuh bergerak tanpa mengeluarkan tenaga dalam jumlah besar.

Terapi hidro atau air ini bertujuan untuk mengurangi kekakuan atau spastisitas yang biasa dialami anak dengan cerebral palsy.

 

Ketika berada di dalam air, maka kekuatan otot akan berkurang karena sifat air mengalir membantu tubuh bergerak tanpa mengeluarkan tenaga dalam jumlah besar maupun memaksa otot untuk bergerak.

 

5. Pemberian obat pelemas otot

Anak dengan kondisi cerebral palsy juga bisa diberikan obat pelemas otot. Namun, pemberiannya hanya jika diperlukan saja, ya.

 

6. Mengatasi gangguan penyerta

Dengan mengatasi gangguan penyerta merupakan salah satu terapi yang bisa diberikan. Misalnya saja ketika anak memiliki kondisi epilepsi.

 

Itulah beberapa jenis terapi yang bisa dilakukan untuk anak dengan kondisi cerebral palsy. Untuk dapat informasi lebih jelasnya bapak/ibu bisa melakukankonsultasi dengan dokter spesialis Anak di Rumah Sakit Annisa, untuk wilayang Cikarang dan sekitarnya.