• Beranda
  • >
  • Artikel Kesehatan
  • >
  • MANFAAT SUNAT UNTUK ANAK - ANAK

01 July 2022

MANFAAT SUNAT UNTUK ANAK - ANAK

Rumah Sakit Annisa Membuka Layanan Sunat > Sunat dengan teknik modern yang aman > Harga sangat terjangkau > Sudah dapat celana sunat > Free kontrol pasca sunat pendaftaran hubungi Customer Service : 0896-8539-3749 (putri)

RS Annisa//- Sunat atau dalam agama Islam dikenal dengan sebutan khitan. Sunat adalah suatu kewajiban bagi laki-laki muslim untuk mengikuti Sunnah Rasulullah SAW. Dan biasanya bagi laki-laki muslim pelaksanaan sunat dilakukan saat usia anak-anak atau sebelum baligh. Jika di indonesia yaitu antara usia Sekolah Dasar.

 

Dengan sunat makan akan mempermudah seorang muslim untuk mensucikan diri dari najis , sedangkan suci dari najis menjadi prasarat utama untuk sahnya sholat.

 

Manfaat sunat dikatakan untuk menghindari adanya najis pada anggota badan saat salat. Karena, tidak sah sholat seseorang apabila ada najis yang melekat pada badan kita.

 

Dengan sunat, maka najis kencing yang menempel disekitar kulfa (kulup) akan jauh lebih mudah dihilangkan bersamaan dengan saat seseorang membasuh kemaluannya setelah buang air kecil.

 

Bagi anak yang sudah melakukan sunat, tentu banyak manfaat yang didapat. Diantaranya bisa menurunkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih, menjaga terjadinya balanitis dan balanopostitis.

 

 

Selain itu, sunat juga dapat mencegah terjadinya fimosis dan paraphimosis, yaitu ketika kulup tidak bisa ditarik kembali dan terjebak di sekitar ujung penis.

 

Menurunkan Risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Manfaat sunat yang umum didapatkan tentu adalah menurunkan risiko terjadinya ISK pada anak, terutama pada tahun pertama kehidupan seorang anak.

 

Satu studi yang mengamati jumlah dan jenis bakteri di sekitar penis sebelum dan sesudah sunat menemukan jumlah bakteri yang jauh lebih besar di bawah kulup pada anak laki-laki yang tidak disunat.

 

Bakteri ini adalah jenis kuman yang dapat masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

 

Beberapa penelitian menunjukkan penurunan tiga sampai sepuluh kali lipat dalam tingkat ISK pada anak laki-laki yang disunat. ISK yang parah atau berulang dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan sepsis (infeksi aliran darah).

 

Mengalami Lebih Sedikit Kondisi Medis

Sebuah studi baru menemukan bahwa setengah dari laki-laki yang tidak disunat akan mengidap kondisi medis yang merugikan yang disebabkan oleh kulup mereka selama hidup mereka.

 

Studi tersebut mengatakan bahwa manfaat sunat melebihi risiko prosedur 100 banding 1.

 

Mencegah Risiko Paramifosis

Manfaat sunat secara medis berikutnya adalah menjauhkan dari risiko paramifosis. Paramifosis adalah keadaan ketika kulup tidak bisa ditarik kembali pada posisi awal.

 

\Keadaan ini tentunya dapat berakibat buruk untuk kesehatan penis, karena membatasi aliran darah ke ujung penis.

 

Gangguan ini bisa terjadi saat menarik kulup berlebihan ketika buang air kecil, atau karena memiliki kulup yang kencang, juga bisa diakibatkan karena menindik penis.

 

Jika tidak segera ditangani, paramifosis kemungkinan akan menyebabkan gangren (jaringan mati karena infeksi). Perawatan atau pengobatan sementara bertujuan hanya mengurangi pembengkakan.

 

Lebih Mudah untuk Dibersihkan

Manfaat sunat memudahkan untuk mencuci penis. Namun, anak laki-laki dengan penis yang tidak disunat dapat diajari untuk mencuci secara teratur di bawah kulup.

 

Untuk membersihkan bagian bawah kulup, dorong perlahan sejauh mungkin ke arah tubuh. Cuci seluruh area dengan hati-hati dengan air hangat. Kemudian ganti kulup di atas kepala penis.

 

Seorang anak laki-laki berusia 3 tahun dapat diajari untuk membersihkan kulup sebagai bagian normal dari kebersihannya. Ketika seorang anak laki-laki mencapai pubertas, ia perlu membersihkan bagian bawah kulupnya setiap hari.

 

Sumber : orami magazine